:::: MENU ::::
  • Customizable fonts.

Minggu, 20 November 2016

Belakangan ini marak sekali implementasi Enterprise Resource Planning di perusahaan-perusahaan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bagi sobat Basajans yang ingin lebih paham mengenai ERP dan keuntungannya bagi perusahaan yang mengimplementasikannya, silakan dibaca di bawah ini ya.

ERP sebenarnya adalah sebuah konsep pengelolaan dan integrasi proses bisnis yang dirasa penting dalam perusahaan. Software ERP menyediakan kemampuan mengintegrasikan berbagai aspek dalam perusahaan seperti : Planning, Purchasing, Inventory, Sales dan Marketing, Finance, Human Resource, dsb. Sumber : (www.investopedia.com/terms/e/erp.asp)

Lalu jika cuma mengelola dan mengintegrasikan proses bisnis yang ada, mengapa perusahaan mau mengimplementasikan software ERP? Hal itu dikarenakan dengan dilakukannya implementasi software ERP, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari implementasi software ERP.di antaranya adalah dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, dan men-streamline-kan proses. Untuk lebih jelasnya, Ini adalah 5 keuntungan utama yang bisa didapat oleh perusahaan jika mengimplementasikan software ERP.

1. Efisiensi
Software ERP akan mengeliminir proses yang berulang dan meminimalisir input data secara manual. 
Kita ambil contoh soal proses persetujuan (approval) : tanpa sistem, persetujuan umumnya menggunakan tanda tangan, yang berarti fisik dari dokumen harus berjalan ke pejabat yang berwenang memberikan persetujuan. Bayangkan jika pejabat tersebut sedang berhalangan hadir di tempat.  Proses persetujuan akan terhambat. Sedangkan dengan software ERP, proses  persetujuan dapat dilakukan menggunakan software, apalagi jika softwarenya bisa diakses via internet. Pada saat pejabat yang berwenang tidak ada di tempat, persetujuan tetap dapat dilakukan.
Selain itu, sistem juga men-streamline-kan proses bisnis di perusahaan serta memudahkan perusahaan dalam mengumpulkan data, karena semua data ada di dalam software ERP tersebut.

2. Informasi yang Terintegrasi
Semua data dan informasi yang dibutuhkan terdapat di dalam satu lokasi. Kita ambil contoh suatu pembelian barang. Harga barang, jumlah stok, lokasi barang, spesifikasi barang, dsbnya ada di dalam software ERP tersebut. Sehingga tidak perlu lagi membuka berbagai dokumen untuk mencari informasi soal barang tersebut. 
Selain itu data yang ada juga dijaga agar tetap konsisten dan tetap ter-update. Sebagai contohnya : setiap ada pembelian barang, maka stok barang akan meningkat, sebaliknya jika ada penjualan/konsumsi barang, maka stok barang akan menurun.

3. Reporting
Aplikasi ERP dapat membantu pengguna dalam membuat laporan. Laporan-laporan standar seperti posisi stok barang, laporan cashflow, laporan penjualan, laporan pembelian, dsbnya sudah disediakan oleh software ERP. Software ERP yang memiliki kapabilitas customizable reporting lebih powerful lagi. Pengguna dapat membuat laporan tanpa bergantung pada bagian IT sekalipun. Bahkan dapat menghasilkan laporan untuk data-data yang kompleks sekalipun.
Dengan reporting yang baik, perusahaan dapat merespon lebih cepat terhadap kondisi pasar yang tercermin di dalam laporan-laporan tersebut.

4. Customer Service
Dengan software ERP, menyediakan customer service berkualitas tinggi akan lebih mudah . Bagian sales, marketing, dan customer service dapat berinteraksi dengan pelanggan secara lebih baik. Selain itu bagian sales, marketing, dan customer service juga dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan karena dibekali informasi tentang pelanggan yang cepat dan akurat.

5. Security
Software ERP dapat meningkatkan akurasi, konsistensi, dan security data. Akses setiap pengguna dapat diatur di dalam sistem. Sehingga bagian finance hanya bisa melihat menu yang menjadi tanggung jawabnya, begitu juga bagian produksi hanya dapat mengakses menu yang berkaitan dengan produksi saja. Dalam tingkat lebih lanjut, dapat juga diberikan restriksi terhadap data, sehingga yang bisa mengakses data hanyalah pengguna yang berwenang saja. 
Sumber : http://www.workwisellc.com/5-benefits-implementing-erp-software/

Dengan keuntungan tersebut tidak heran banyak perusahaan yang mengimplementasikan software ERP. Untuk software ERP berbasis cloud, salah satu pilihannya adalah Acumatica. Kelebihan dan keunggulan Acumatica dibandingkan dengan software ERP lainnya akan dijelaskan di artikel berikutnya ya.

1 komentar:

A call-to-action text Contact us