:::: MENU ::::
  • Customizable fonts.

Senin, 28 November 2016

Hai teman basajans.
Proses pembuatan aplikasi dapat dipercepat jika dikerjakan oleh sebuah tim, akan tetapi kendala yang seringkali muncul adalah;
1. bagaimana menggabungkan class dan file yang dibuat oleh beberapa programmer menjadi satu;
2. Class dan File sebelumnya tertimpa oleh file baru yang isinya sebenarnya salah / error;
3. Ada dua programmer yang mengerjakan 1 class yang sama, sehingga salah seorang programmer perlu menunggu programmer lainnya untuk selesai melakukan edit di class tersebut.
Dengan version control, tidak perlu mencemaskan hal tersebut karena setiap perubahan dan penggabungan file akan dibuatkan versinya. ketika sewaktu waktu ada update yang menimbulkan error, maka kita dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya. jika ada 2 programmer yang bekerja pada 1 file, keduanya dapat langsung bekerja bersama karena proses penggabungan file tersebut akan di lakukan oleh Version control yaitu TFS.

Berikut akan kita bahas bagaimana menggunakan TFS pertama kali.
Buka tautan berikut, lalu daftarkan email anda
https://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=307137&clcid=0x409&wt.mc_id=o~msft~vscom~product-vsts-nav~menu&campaign=o~msft~vscom~product-vsts-nav~menu

Daftar TFS




Setelah itu, Klik new
New Team Project
lalu isi data - data yang diperlukan seperti gambar berikut ini

Create new Team Project
Ini tampilan ketika create project berhasil. klik navigate to project. tunggu sampai popup berikutnya muncul lalu tekan tombol add code.

Create team project

Sekarang kita perlu membuka visual studio kita (minimal VS 2013). lalu bukalah solution(jika sudah ada). pada toolbar diatas, klik team > manage connection. Centang project yang baru saja anda buat lalu tekan connect.

Connect to team foundation server
sampai disini, anda sudah berhasil menyambungkan visual studio anda dengan tfs. Yang akan kita lakukan sekarang adalah memetakan(mapping) solution anda ke tfs. Ganti path-nya menjadi path solusi anda, jika sudah benar tekan tombol "Map & Get"

Map & Get

Untuk pertama kali penggunaan, anda dihimbau untuk melakukan add solution to source control dengan cara, ke solution explorer > klik kanan pada solution > add solution to source control.


Setelah selesai menunggu, klik team explorer > klik home (gambar rumah) > lalu tekan tombol "Check In".

Initial Check In


Dan selamat, anda telah berhasil men-setting solution anda ke TFS. untuk melihat file anda di server, anda dapat klik team Explorer > klik home (gambar rumah) > klik source control. Disana anda dan tim anda dapat melihat file-file yang telah ditambahkan ke server.
Sekarang tim anda dapat melakukan edit dan development tanpa perlu pusing memikirkan penggabungan/merge-nya nanti.
Fitur Check In dan Get latest lah yang akan sering anda dan tim gunakan untuk push dan get.

Demikian setting untuk TFS anda. Jika ada yang ingin ditanyakan atau request artikel baru, silahkan tulis di komentar..

0 komentar:

Poskan Komentar

A call-to-action text Contact us