:::: MENU ::::
  • Customizable fonts.

Senin, 05 Desember 2016


Menulis dan mengelola kode ADO.Net untuk akses data adalah pekerjaan yang membosankan dan monoton bagi para developer ASP.Net. Untuk itu Microsoft telah menyediakan ORM yang disebut dengan "Entity Framework" untuk mengotomatisasi kegiatan yang terkait dengan pengaksesan database untuk aplikasi yang berbasis .Net.


Microsoft telah memberikan definisi terhadap Entity Framework:

ADO.NET Entity Framework Microsoft adalah Object / Relational Mapping (ORM) framework yang memungkinkan pengembang untuk bekerja dengan data relasional sebagai objek domain-spesifik, menghilangkan kebutuhan untuk sebagian besar akses data yang pengembang biasanya perlu untuk menulis kode.

Entity Framework adalah Object Relational Mapping (ORM) framework. Ini merupakan sebuah peningkatan pada ADO.NET yang memberikan pengembang mekanisme otomatis untuk mengakses & menyimpan data dalam database.

Metode entitas terbagi dalam tiga metode. Pertama, jika Anda sudah memiliki database yang sudah ada atau Anda ingin merancang database Anda di depan bagian lain dari aplikasi. Kedua, Anda ingin fokus pada kelas domain Anda dan kemudian membuat database dari kelas domain Anda. Ketiga, Anda ingin merancang skema database Anda pada desainer visual dan kemudian membuat database dan kelas.
http://www.entityframeworktutorial.net/Images/EF-overview.png
Gambar berikut mengilustrasikan skenario di atas.
Sekilas Entity Framework

Sesuai dengan gambar di atas, EF menciptakan kelas akses data untuk database yang ada, sehingga Anda dapat menggunakan kelas-kelas untuk berinteraksi dengan database bukannya ADO.Net langsung.

EF juga dapat membuat database dari kelas domain Anda, sehingga Anda dapat fokus pada desain domain-driven Anda.

EF memberikan Anda seorang desainer model yang mana Anda dapat merancang model DB Anda dan kemudian EF menciptakan database dan kelas berdasarkan model DB Anda.



0 komentar:

Poskan Komentar

A call-to-action text Contact us